Tata cara melaksanakan wudlu’


Tata  cara melaksanakan wudlu’. Berwudlu’ adalah sesuatu yang harus di laksanakan sebelum melaksanakan kewajiban atau menunaikan shalat wajib, berwudlu adalah membersihkan hadats dari hadats kecil dan bagian dari thaharah.

Berwudlu’ juga mempunyai makna dan bukan membersihkan hadats kecil sebagaimana yang kita lihat, tetapi berwudlu juga adalah bagian dari etika terhadap sang pencipta, Allah Swt,  membersihkan diri dari sipat – sipat yang terpuki dan kotoran hawa nafsu.
Juga, sebagai gambaran  membersihkan dari menyekutukan Allah Swt dan menghadap kepadaNya dengan kebersihan lahir dan batin.

Tata cara dalam berwudlu’

Tata cara berwudlu di dunia tak berbeda, tata cara dan mengerjakannya pun terlihat sederhana dan segera dapat di mengerti bagi yang akan mengerjakannya, ada pun tata cara berwudlu’ sebagaimana berikut ini :
  1. Pertama, membaca kalimat basmallah sambil mencuci kedua belah tangan.
  2. Berkumur, untuk membersihkan mulut dan gigi dari kotoran yang ada di dalam mulut.
  3. Ketiga, membersihkan lubang hidung kita.
  4. Membasuh muka sebanyak tiga kali sambil membaca lafadz niat sebagai berikut : Nawaitul wudluu’a liraf’il hadatsil ashghari fardlan lillaahi ta’alaa. Yang artinya : Aku berniat wudlu’ untuk membersihkan hadats kecil karena Allah ta’alaa.
  5. Kemudian, mengusap rambut ( Mengusap kulit kepala ) sebanyak tiga kali usapan.
  6. Mengusap daun telinga luar dalam sebanyak tiga kali.
  7. Dan yang terakhir adalah, membasuh kedua kaki sampai mata kaki sebanyak tiga kali juga. Semua tatacara dalam berwudlu mesti di kerjakan dengan tertib alias berturut – turut dan tidak secara acak.

Do'a setelah berwudlu'

Do’a yang biasa di baca setelah kita selesai mengerjakan wudlu’ lafadznya adalah sebagai berikut :
Asyhadu anlaa ilaaha illallah wahdahu laa syariika lahu wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu warasuu luhu allahummaj’ alnii minattawwabiina waj’alnii minal muthaairiina waj’alnii min ‘ibadika shshalihiina.

 Yang artinya : Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan melainkan Allahdan tidak ada yang menyekutukannya, dan aku bersaksi bahwa nabi Muhammad adalah hambaNya dan utusanNya, ya Allah jadikanlah aku orang yang ahli taubat, dan jadikanlah aku orang yang suci serta jadikanlah aku dari golongan orang – orang yang shaleh.

Demikianlah tata cara dalam mengerjakan wudlu’ sebagai bagian dari mensucikan diri dari hadats kecil dan bersegera menghadapnya untuk mengerjakan shalat, semoga bermanfaat

Comments